Prosedur Sistem Berjalan
Prosedur sistem berjalan dalam sistem
penjualan barang di CV. Sarai Indah masih bersifat manual yakni belum
terkomputerisasi dengan baik, akan tetapi dalam data-datanya masih dicatat
dalam bentuk pembukuan dan pengarsipan. Berikut adalah prosedur sistem berjalan
yang ada di CV. Sarai Indah
a. Prosedur
Pemesanan Barang
Proses pemesanan barang
diawali dengan pengiriman surat penawaran oleh bag. pemasaran kepada customer
berdasarkan data barang. Setelah melihat dan memutuskan barang apa saja yang
akan dipesan, selanjutnya customer memberikan PO kepada CV. Sarai Indah
melalui bag. Pemasaran.
b. Prosedur
Pembayaran
Setelah PO diterima
dari customer, PO di cek terlebih dahulu seperti stok, harga dan diskonnya. PO
akan di proses kemudian diarsipkan kedalam arsip PO jika customer sudah
melakukan pembayaran tunai kepada bag.admin, berdasarkan arsip PO selanjutnya
bag.admin membuatkan nota penjualan kepada customer sedangkan copy nota
penjualan di arsipkan ke dalam arsip penjualan .
c. Prosedur
Pengiriman Barang
Bag.admin membuatkan
surat jalan untuk bag.pemasaran berdasarkan arsip penjualan. Sebelum dikirim
barang terlebih dahulu diperiksa oleh bag. pemasaran agar sesuai dengan surat
jalan. Selanjutnya bag. Pemasaran mengirimkan barang kepada customer dengan
menyertakan surat jalan yang berjumlah 2 rangkap. Setelah barang diterima oleh customer,
maka customer akan menerima copy surat jalan. Sedangkan surat jalan asli dibawa
kembali untuk kemudian diarsipkan kedalam arsip penjualan.
d. Prosedur
Pembuatan Laporan
Setiap akhir bulan pimpinan akan
menerima laporan bulanan dari bag. Pemasaran yang dibuat berdasarkan data
penjualan, arsip penjualan dan arsip penjualan.
0 komentar:
Posting Komentar