Minggu, 27 Desember 2015

CV.Sarai Indah


     Prosedur Sistem Berjalan
Prosedur sistem berjalan dalam sistem penjualan barang di CV. Sarai Indah masih bersifat manual yakni belum terkomputerisasi dengan baik, akan tetapi dalam data-datanya masih dicatat dalam bentuk pembukuan dan pengarsipan. Berikut adalah prosedur sistem berjalan yang ada di CV. Sarai Indah
a.       Prosedur Pemesanan Barang
Proses pemesanan barang diawali dengan pengiriman surat penawaran oleh bag. pemasaran kepada customer berdasarkan data barang. Setelah melihat dan memutuskan barang apa saja yang akan dipesan, selanjutnya customer memberikan PO kepada CV. Sarai Indah melalui bag. Pemasaran.

b.      Prosedur Pembayaran
Setelah PO diterima dari customer, PO di cek terlebih dahulu seperti stok, harga dan diskonnya. PO akan di proses kemudian diarsipkan kedalam arsip PO jika customer sudah melakukan pembayaran tunai kepada bag.admin, berdasarkan arsip PO selanjutnya bag.admin membuatkan nota penjualan kepada customer sedangkan copy nota penjualan di arsipkan ke dalam arsip penjualan .


c.       Prosedur Pengiriman Barang
Bag.admin membuatkan surat jalan untuk bag.pemasaran berdasarkan arsip penjualan. Sebelum dikirim barang terlebih dahulu diperiksa oleh bag. pemasaran agar sesuai dengan surat jalan. Selanjutnya bag. Pemasaran mengirimkan barang kepada customer dengan menyertakan surat jalan yang berjumlah 2 rangkap. Setelah barang diterima oleh customer, maka customer akan menerima copy surat jalan. Sedangkan surat jalan asli dibawa kembali untuk kemudian diarsipkan kedalam arsip penjualan.
    
d.      Prosedur Pembuatan Laporan
Setiap akhir bulan pimpinan akan menerima laporan bulanan dari bag. Pemasaran yang dibuat berdasarkan data penjualan, arsip penjualan dan arsip penjualan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Pegunjung

Blogger templates